- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Membuat Nilai 1 – 4 Yang Benar Pada Kurikulum 2013
DES 20
Posted by Fatur Thok
Sistem penilaian kurikulum 2013 diatur pada permendikbud nomor 104 tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pada halaman 22 lampiran permendikbud nomor 104 tahun 2014 dinyatakan sebagai berikut: “Kurikulum 2013 menggunakan skala skor penilaian 4,00 – 1,00 dalam menyekor pekerjaan peserta didik untuk setiap kegiatan penilaian (ulangan harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, tugas-tugas, ujian sekolah)”
Dengan demikian pada ulangan harian kita tidak boleh lagi memberikan nilai 75 atau 90 misalnya, tetapi nilai yang harus diberikan adalah 3,75 atau 2,95 (misalnya).
Dengan demikian pada ulangan harian kita tidak boleh lagi memberikan nilai 75 atau 90 misalnya, tetapi nilai yang harus diberikan adalah 3,75 atau 2,95 (misalnya).
Lantas bagaimana cara membuat nilai 1 – 4 yang benar? Ada 2 hal yang akan kita bahas untuk membuat nilai 1 – 4, yaitu mengkorversi nilai 0 – 100 menjadi 1 – 4 dan membuat nilai langsung 1 – 4 dari hasil ulangan.
1. Mengkonversi Nilai 0 – 100 ke 1 – 4.
Permendikbud nomor 104 tahun 2014 baru diterbitkan sekitar awal november 2014, walaupun permendikbud tersebut ditandatangani 3 Oktober 2014, sehingga nilai yang dibuat oleh guru-guru masih dalam 0 – 100, bukan 1 – 4, sehingga untuk menjadikan nilai 1 – 4 maka diperlukan konversi.
Rumus konversi yang saat ini dipakai adalah sebagai berikut:
M = (N/100) X 4 atau M = N/25. M adalah nilai 1 – 4 sedangkan N adalah nilai 0 – 100.
Misal nilai 90 dikonversi menjadi 90/25 = 3,60.
Ternyata rumus konversi itu kurang tepat, bila tidak boleh dikatakan salah. Yang perlu kita perhatikan bahwa 0 – 100 dikonversi menjadi 1 – 4 bukan dikonversi menjadi 0 – 4. Untuk mengkonversi nilai 0 – 100 menjadi 1 -4 (bukan 0 - 4 lo) ada baiknya kita pelajari lagi bagaimana mengkonversikan suhu dalam derajat Celcius menjadi suhu dalam derajat Fahrenheit.
Dalam skala celcius titik beku air 0o C sedangkan titik didih air adalah 100oC. Sedangkan dalam skala fahrenheit, titk beku air adalah 32oF sedangkan titik didih air adalah 212oF.
Itu artinya 0 ekuivalen dengan 32 sedangkan 100 ekuivalen dengan 212,
Selisih titik didih dan titik beku air dalam skala celcius adalah 100 derajat, sedangkan selisih titik didih dan titik beku air dalam skala fahrenheit adalah 180 derajat. Sehingga untuk mengkonversi suhu skala celcius ke skala fahrenheit adalah sebagai berikut:
F = (180/100) x C + 32 atau F = (9/5) x C + 32, F adalah suhu dalam fahrenheit sedangkan C adalah suhu dalam skala celcius.
Misal C = 40 maka F = (9/5) x 40 + 32 = 72 + 32 = 104. Jadi 40o C = 104o F.
Dengan analogi konversi suhu di atas marilah kita cari rumus konversi dari 0 – 100 menjadi 1 – 4
Selisih 0 dan 100 adalah 100, sedangkan selisih 1 dan 4 adalah 3, sehingga rumus konversinya adalah sebagai berikut:
M = (3/100) x N + 1, M adalah nilai 1 – 4 dan N adalah nilai 0 – 100.
Contoh N = 50, maka M = (3/100) x 50 + 1 = 1,5 + 1 = 2,5.
Untuk memperkuat pemahaman kita mengenai konversi ini, marilah kita perhatikan bagaimana rumus konversi skala celcius ke skala reamur.
Dalam skala celcius titik beku air 0o C sedangkan titik didih air adalah 100oC. Sedangkan dalam skala reamur, titk beku air adalah 0oR sedangkan titik didih air adalah 80oR.
Itu artinya 0 ekuivalen dengan 0 sedangkan 100 ekuivalen dengan 80
Selisih titik didih dan titik beku air dalam skala celcius adalah 100 derajat, sedangkan selisih titik didih dan titik beku air dalam skala reamur adalah 80 derajat. Sehingga untuk mengkonversi suhu skala celcius ke skala reamur adalah sebagai berikut:
R = (80/100) x C atau R = (4/5) x C, R adalah suhu dalam Reamur sedangkan C adalah suhu dalam skala celcius. Rumus konversi ini berbeda dengan Celicius ke Fahrenheit, yaitu TIDAK ADA PENAMBAHAN 32, karena Celcius dan Reamur sama-sama “berangkat” dari 0, Sedangkan Celcius dan Fahrenheit berbeda, Celcius “berangkat” dari 0 sedangkan Fahrenheit “berangkat” dari 32, sehingga perlu “penambahan” 32.
Sekarang perhatikan lagi rumus konnversi nilai 0 – 100 menjadi 1 – 4 ada “penambahan” 1, itu dikarenakan 0 – 100 “berangkat” dari 0 sedangkan 1 – 4 berangkat dari 1. Artinya bila ada 10 soal seorang siswa tidak dapat menjawab sama sekali maka nilainya bukan 0 untuk skala 0 – 100, tapi dapat 1 untuk skala 1 – 4.
Bila 0 – 100 dikonversi menjadi 0 – 4 maka benar bahwa rumus konversi yang dipakai M = N/25, seperti halnya rumus konversi Celcius ke Reamur. Tetapi nilai yang dipakai pada kurikulum 2013 bukan 0 – 4 tetapi 1 – 4, sehingga rumus konversinya adalah M = (3/100) x N + 1.
Masih Belum Yakin Bahwa M = N/25 Itu Salah?
Oke. Misal nilai 50 kita konversi ke skala 1 – 4 dengan menggunakan rumus M = N/25 maka didapat M = 50/25 = 2. Nilai 50 itu adalah NILAI TENGAH pada skala 0 – 100. Dengan demikian bila dikonversikan ke skala 1 – 4 seharusnya posisinya juga harus di TENGAH. Coba kita lihat skema di bawah ini, apakah 2 berada di TENGAH?
Ternyata 2 tidak berada di TENGAH. Mengapa? Karena 1 – 4 itu berangkatnya dari 1, berbeda bila kita konversi menjadi 0 – 4 maka 2 itu posisinya di TENGAH, seperti gambar di bawah ini.
Jadi untuk skala 1 – 4 posisi TENGAH adalah 2,5. hal ini diperoleh dari M = (3/100) x 50 + 1 = 2,5
2. Membuat Nilai Langsung 1 – 4 Dari Hasil Ulangan.
Analogi dengan konversi 0 – 100 menjadi 1 – 4 maka rumus membuat nilai 1 – 4 dari hasil ulangan adalah sebagai berikut:
N = (S/S maks) x 3 + 1
Misal skor maksimal 30, seorang siswa dapat skor 25 maka nilainya adalah N = (25/30) x 3 + 1 = 3,5
Mudah kan tidak ribet :)
Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya pada Mendikbud yang baru, semoga ulasan ini bisa menjadi inspirasi yang baik untuk penyempurnaan penilaian pada kurikulum 2013.
Dengan tidak mengurangi rasa hormat saya pada Mendikbud yang baru, semoga ulasan ini bisa menjadi inspirasi yang baik untuk penyempurnaan penilaian pada kurikulum 2013.
double jempoool buat smansapari, logika yang sangat masuk diakal.
BalasHapusTerima kasih artikel berasal dari
HapusFatur Thok